(PRESS RELEASE)
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Esya
Fighter...
Telah berlangsung acara PELATIHAN MEDIA SOSIAL pada
tanggal 2 Desember 2017 yang diadakan oleh KSEI Himmah FE Unissula dengan tema
“Media Sosial sebagai Sarana Dakwah di Era Digital”, Dengan pembicara
Millaturrofi’ah (Pengurus Fossei Regional Jateng 2016/2017). Peserta acara
tersebut adalah perwakilan dari divisi media dari KSEI yang tercatat sebagai
anggota Fossei Komisariat Semarang.
Pada acara tersebut dibagi menjadi dua sesi, sesi
pertama telah dipaparkan materi mengenai Kemediaan KSEI, dan sesi kedua yaitu
diskusi mengenai masalah yang dihadapi oleh divisi/biro media masing-masing
KSEI.
Materi yang disampaikan pada sesi pertama adalah
sebagai berikut:
Tagline yang diusung oleh Fossei selama ini adalah
“Merajut Ukhuwah melalui Dakwah yang bernuansa Ilmiah”. Keberadaan Media
sendiri sangatlah penting dalam merealisasikan tagline tersebut, dimana Media
berfungsi untuk menjembatani Dakwah KSEI kepada umat melalui media sosial. Didalam
masing-masing KSEI yang berada di Komisariat Semarang nama dari divisi medianya
sendiri terdapat perbedaan dalam penamaanya, ada KSEI yang menamai sebagai
Divisi Media dan Jaringan, atau Divisi Public Relation, adapun Divisi Media dan
Jurnalistik, dan lain-lain.
Keyword sebagai anak media adalah:
·
Menyampaikan/Membagikan
·
Peka, anak media harus peka terhadap situasi sekitar.
Misalkan saat ini sedang berlangsung pemilu raya di kampus, sebagai anak media
harus peka terhadap situasi tersebut dan memandang hal tersebut sebagi konten
yang menarik untuk dipasarkan.
·
Suka Bertemu/Berbicara dengan Orang lain
·
Suka Menulis
·
Kreatif
Jobdesk yang harus ada dalam Divisi Media:
·
Divisi Riset
·
Divisi Design
·
Divisi Menulis
·
Divisi Video
·
Divisi Pengelola Akun
Berbicara mengenai Media KSEI satu hal yang tidak
boleh dianggap remeh adalah mengenai Branding. Branding adalah Intagible Asset, satu-satunya aset yang
harus dimiliki didunia maya adalah branding. Nah, bagaimana cara membuat
branding terhadap media sosial ?. Dalam menetukan branding media sosial yang
diutamakan adalah konten isi, timing,dan
konsistensi.
Sesi kedua dalam acara ini adalah sesi diskusi masalah
yang dihadapi masing-masing media KSEI. Mayoritas masalah yang dihadapi oleh
Kemediaan Ksei adalah minimnya sumber daya designer, keisiqomahan dalam
melaksanakan program kerja, minim respon untuk postingan KSEI, konten kurang up to date dan kreatif.
Dalam sesi ini antar staf media juga bertukar pikiran
mengenai program kerja masing-masing. Manfaat dari sesi ini adalah dapat
menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi dan inspirasi baru untuk program
kerja kedepan.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Komentar