RAPAT KERJA DAN PELANTIKAN FUNGSIONARIS KSEI 2013/2014
Salam Ekonom Rabbani!
Pada 9 Maret 2013 bertempat di ruang C3 121, para fungsionaris telah resmi dilantik oleh Ibu Karsinah selaku pendamping KSEI, karena Bapak PD III tidak dapat hadir. Pelantikan KSEI 2013 juga dihadiri oleh para MPO dan tamu undangan lainnya. Perlu diketahui KSEI adalah unit kegiatan Fakultas Ekonomi yang fokus dalam bidang ekonomi islam. Melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, ekonomi islam dipandang menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomian rakyat. KSEI sebagai wadah untuk membentuk kader ekonomi islam yang memiliki pengetahuan tentang ekonomi islam.
Dalam sambutan, Ibu Karsinah juga mengatakan bahwa KSEI harus berkiprah disegala bidang baik akademik maupun nonakademik, untuk mewujudkan pencitraan positif baik dalam KSEI sendiri maupun Fakultas Ekonomi. Beliau juga menekankan, KSEI periode 2013/2014 diharapkan lebih baik dari KSEI periode sebelumnya. Hal ini bukan berarti KSEI sebelumnya tidak baik, untuk hal yang baik kita diharapkan bisa meningkatkan untuk lebih baik lagi.
Dalam acara pelantikan tersebut, seluruh fungsionaris KSEI mengucapkan sumpah yang dibacakan oleh Ibu Karsinah. Dengan adanya sumpah ini diharapkan fungsionaris KSEI 2013/2014 memiliki komitmen yang kuat dalam kinerja selama satu periode kedepan.
Dalam rapat kerja masing masing departement memaparkan program kerjanya selama satu periode kedepan. Pemaparan pertama yaitu program kerja dari Daily Manager yang dipaparkan oleh Presiden KSEI. Sedangkan di dalam kepengurusannya, KSEI terkonsentrasi dalam 5 departement. Antara lain
- Daily Manager
Daily Manager atau biasa disingkat DM adalah pengurus harian KSEI, yang keanggotaannya terdiri dari Presiden KSEI, Vice President KSEI, Sekretaris Umum I dan II, Bendahara umum I dan II. President KSEI 2013 adalah Achmad Furqon, Vice President 2013 Abu Nur Syihabuddin, Sekretaris Umum I 2013 Umi Arifni, Sekretaris Umum II 2013 Nella Khoirunnisa, Bendahara umum I 2013 Gilang Anies Saendy, dan Bendahara Umum II 2013 Umi Hery Salafiyah. Progja DM diantaranya Sunah Habit, dll.
- Public and Relation Biro
Public and Relation Biro atau biasa disingkat (PR) adalah humasnya KSEI, temen temen PR bertugas dalam hal pencitraan, jaringan KSEI dan menjaga relasi KSEI. Manajer Biro 2013 adalah Amirul Arif yang dibantu oleh assistantnya yaitu Ghaniyyu Mintotik Waliyani. Diantara program kerja PR yaitu Internal Meeting, KSEI Wallmag, e-News, KSEI's Study Tour, KSEI's Greeting, KSEI goes to school (Esgoes), Esya Update, IT Training dan Rebuilt to link.
- Education and Research Departement
Sesuai dengan namanya, Departement ini melakukan pengkajian tentang ilmu ekonomi syariah atau bagian edukasi. Manajer EnR 2013 yaitu Cahyaning Budi Utami yang dibantu oleh assistantnya Riska Affriani. Diantara progja yang dipaparkan kemarin yaitu ELECTRA, S3C, KDTV (KSEI Down To Village), KSEI Library,dll.
- Human Reseach Developmen Departemen
Departement selanjutnya yaitu Human Reseach Developmen Departemen atau biasa disingkat HRD. Mereka adalah MSDM nya KSEI. Mereka juga yang memperhatikan perkembangan temen temen KSEI, baik dari segi akademis maupun kesemangatannya. Di periode 2013/2014 ini, HRD di manajeri oleh Bagus Bowo Laksono dan assistantnya Zayyinatul Khasanah. Diantara progja HRD yaitu SET, ATM (Action Training Motivation), Sahabat Esya, ESFO (English Study Forum),dll.
- Finance and Business Departement
Disini tugas temen temen FnB adalah mencari dana yang insyaallah halal dalam aplikasi dari teori ekonomi islam. Manajer FnB adalah Jundhi Rabbani Al Farisy dengan assistant manajernya yaitu Rusmia Wardiyanti. Diantara progja FnB adalah SRA (Social Responsibility in Action), KSEI Identity,dll.
Wah,, setelah semua departemen memaparkan program kerjanya selama satu periode kedepan, tibalah dipenghujung acara. Akhirnya Rapat Kerja dan Pelantikan Fungsionaris KSEI 2013/2014 selesai. Harapannya KSEI bisa sesuai dengan tujuannya yang Berkualitas, Berkontribusi, dan Berkompetitif.
Ayo bumikan ekonomi syariah....
Ekonom Robbani ...!!
BISA!!!
by : P'Are
Komentar